Wednesday, February 21, 2007

DIVISI

  • ­Networking dan Volunteering
    Networking merupakan program jalinan kerjasama dengan berbagai pihak, untuk menciptakan persahabatan terbuka, yang dapat memberikan suasana dan kondisi kondusif yang menunjang tercapainya visi Bravo dan tujuan program-program yang dilaksanakan Bravo. Volunteering adalah bentuk kegiatan insidental, dalam hal keterlibatan volunteer pada program-program kegiatan yang diadakan oleh organisasi sosial penyandang cacat. Jika memang diperlukan, maka Bravo akan mengupayakan pengiriman personilnya untuk terjun langsung dalam melakukan pendampingan yang dibutuhkan.
  • ­Pelatihan dan Diskusi
    Pelatihan menjadi sebuah upaya dalam meningkatkan kapasitas anggota Bravo-Penca sebagai volunteer penyandang cacat. Pelatihan ini dapat berupa pelatihan bahasa isyarat, pelatihan Braille, pelatihan pendampingan, dll.
    Pelatihan yang pernah dilakukan oleh anggota Bravo adalah pelatihan bahasa isyarat, dipandu oleh Kak Rachmitha (ketua Yayasan SEHJIRA)
    Diskusi menjadi sebuah wadah pembelajaran bagi seluruh anggota Bravo-Penca, untuk memberikan asupan ilmu dan pengetahuan mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan kecacatan dan penyandang cacat itu sendiri. Diskusi ini melibatkan nara sumber yang kompeten dan sesuai dengan bidang/hal yang tengah didiskusikan, termasuk nara sumber dari penyandang cacat sendiri.
  • Rekreasi
    Program rekreasi merupakan salah satu program yang bertujuan untuk menjadikan kunjungan ke tempat-tempat wisata sebagai suatu alternative pilihan kegiatan rekreasi bagi penyandang cacat yang realistis untuk dilakukan. Dan secara tidak langsung memberikan pengingatan kepada pengelola tempat wisata untuk sadar dalam menyediakan fasilitas khusus untuk memudahkan penyandang cacat melakukan rekreasi. Selain itu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat non penyandang cacat untuk turut berperan sebagai pendamping sukarela dalam kegiatan wisata penyandang cacat.
    Pada tahun 2006 lalu, Bravo-Penca memiliki program PIKNIK KITA 2006, antara lain yang sudah dilaksanakan adalah : Wisata Bonbin dan Wisata Museum.
  • Kaderisasi
    Kaderisasi adalah sebuah bentuk perekrutan anggota Bravo-Penca dari berbagai kalangan. Hal ini bertujuan untuk menghimpun kekuatan dan SDM Bravo, terutama dalam menciptakan kader-kader volunteer yang kompeten di masa depan.

No comments: