Monday, October 29, 2007

Pelatihan Volunteer BRAVO PENCA,8-9 September 2007

Pada hari sabtu-Minggu, 8-9 September 2007 Bravo mengadakan Pelatihan Volunteer baru di Bumi Perkemahan Cibubur. Pada pelatihan yang pertama kali diadakan ini, ada 7 volunteer baru yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. 5 orang mahasiswa UNJ, 1 orang mahasiswa Univ. Pancasila dan 1 orang alumni Sahid. Tujuan dari kegiatan ini adalah ingin merekrut volunteer baru. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari presentasi Bravo yang dilakukan di acara MPA (Masa Pengenalan Akademik) mahasiswa baru UNJ tanggal 28 Agustus 2007 lalu.

HARI PERTAMA
Pada hari sabtu, 8 september 2007 jam 15.00 BBWI kami berkumpul di lobby Daksinapti UNJ. Dengan menggunakan menyewa Angkutan Kota M21 jurusan Kampung Melayu-Pulogadung, kami ber-11 berangkat menuju Bumi Perkemahan Cibubur. Teman lain yaitu aziz dan santoso sudah berangkat lebih dulu untuk mempersiapkan lokasi. Sampai di tempat, kira-kira waktu sudah menjelang pukul 17.00. Sampai disana, tenda baru siap-siap didirikan. Sekitar satu setengah jam, tenda baru berdiri. Kamipun membereskan dan menata barang-barang ke dalam tenda. Acara selanjutnya adalah mandi dan makan malam. Bayangan kami tentang segarnya badan setelah mandi karena badan sudah terasa gerah selama perjalanan ternyata sirna begitu melihat kondisi kamar mandi (MCK) yang ada. Bukan hanya kotor dan bau, bahkan air yang ada pun tidak layak untuk digunakan. Walhasil, beberapa diantara kami yang memang harus menunaikan sholat tetap menggunakan air tersebut untuk wudhu. Malam itu mungkin tak satupun diantara kami yang mandi dan membersihkan badan. Waduuh…………….panasnya.

Namun, show must go on. Selesai makan malam, agenda pertama seharusnya jam 08.00 bisa dimulai. Materi pertama yaitu tentang dasar-dasar dan motivasi menjadi volunteer yang rencananya akan disampaikan oleh Pak lody (dosen UNJ) ternyata molor sampai jam 10.00 malam. 2 jam waktu luang, kami gunakan untuk tidur-tiduran sambil menatap kelamnya langit malam di Cibubur. Kelam karena tak satupun bintang menunjukkan batang hidungnya malam itu. Ternyata hari itu memang mendung, Karena tak lama berselang, ternyata hujan rintik-rintik mulai turun. Kamipun masuk kembali ke dalam tenda. Kali ini kami duduk bersama, berkenalan dan berbincang tentang Bravo. Malam ini, perbincangan kami hanya ditemani dua batang lilin. Jadi suasananya remang-remang. Ya….itung-itung biar terasa romantis lah. Padahal si emang karena sambungan listriknya memang ga ada. Bimo yang tahu tentang ini belum datang-datang juga. Katanya dia akan sampai pada pukul 10.00 malam. Pokoknya malam ini, nikmati sajalah semuanya seadanya. Semoga semua ini tidak akan membuat semangat kawan-kawan semua jadi meluruh. Perbincangan tetap dilanjutkan. Kami ingin tahu juga mengetahui apa motivasi dan latar belakang dari keinginan para volunteer baru untuk bergabung bersama kami.

Saudara kordinator Bravo, Igi, yang juga datang terlambatat, tiba di lokasi sekitar pukul 10.00 an malam. Igi juga akan berbagi pada volunteer baru pada sesi pertama ini. Jam 10.00 malam, akhirnya pak lody sampai juga di lokasi setelah dijemput oleh Santoso. Sampai tengah malam acara terus berjalan. Acara dipandu oleh Santoso. Materi pada sesi ini dimkasudkan untuk memberi motivasi dan penguatan pada teman-teman apa perlu dan pentingnya menjadi seorang volunteer penca pada saat ini. Pada sesi ini juga, pak lody menitip pesan pada kami agar suatu hari nanti bravo sebagai sebuah komunitas volunteer bisa punya peran yang lebih dari hanya pendampingan saja. Artinya Bravo bisa berperan sebagai komunitas yang bisa berpengaruh pada kebijakan-kebijakan tentang penca, tentunya dengan meihat kepentingan dan keinginan penca itu sendiri. Ya….itu mungkin juga harapan beberapa diantara kami. Tapi, apakah Bravo sendiri sudah siap?............ Tapi sepertinya banyak yang sudah mengantuk. Jam 12.00 an sesi ini usai. Teman-teman lalu beristirahat. Sementara teman-teman laki-laki dibantu oleh tetangga kemping kami yang berasal dari RACANA (Pramuka) UNJ kembali mendirikan tenda yang kedua. Jam 02.00 dini hari berdirilah tenda kedua. Kepada teman-teman RACANA, terima kasih ya……………. Oya, malam ini seharusnya agenda terakhir sebelum tidur adalah nonton film bersama tentang Penca, tapi berhubung acara telat, yang bawa LCD juga baru datang jam 12 malam, trus sambungan listrik belum dipasang, acara ini pun lalu dibatalkan.

HARI KEDUA
Pagi hari, sekitar pukul 06.00, kami semua sudah bangun. Ada yang sudah bangun lebih pagi malah. Mereka secara berombongan mencari MCK yang lebih layak digunakan untuk bersih-bersih diri meski jauh dari lokasi kemping kami. Jadilah, beberapa diantara kami akhirnya mandi juga. Sarapan pagi selesai dilakukan pukul 08.30an. Agenda hari ini adalah, tentang ke-Bravo-an, teknik pendampingan, pembuatan action plan, games, lalu evaluasi dan lalu pulang.

Sesi tentang ke-Bravo-an dimaksudkan untuk mengenalkan Bravo sebagai sebuah komunitas secara lebih detil kepada para volunteer baru. Disini, kegiatan dibagi dalam beberapa pos. Pos 1 tentang sejarah perjalanan Bravo, Pos 2 tentang organisasi bravo, struktur dan pengurus, dan pembagian kerjanya. Sedang Pos 3 berisi tentang program-program yang telah dilaksanakan oleh Bravo selama ini yang diperkuat dengan bukti-bukti berupa foto. Jadi ya ada pameran foto dikitlah….

Materi berikutnya yaitu tentang Teknik pendampingan dan etikanya. Kali ini disampikan oleh Ito dan Sri Barwati dari DPP Pertuni. Kami memperbincangkan sebuah buku sebagai acuan. Buku yang cukup representatif untukmateri ini yaitu buku “How to get Along with Handicap People”. Buku terbitan malasyia (Beautiful Gate).

Selanjutnya adalah pembuatan Action Plan oleh para Volunteer baru dengan dipandu oleh Santoso. Ini dimaksudkan agar para volunteer baru benar-benar tahu apa dan bagaimana menjadi seorang volunteer. Mereka diharapkan untuk bisa membuat satu project yang akan mereka rencanakan, laksanakan, dan diselesaikan sendiri. Kami hanya akan mendampingi saja dan memberi rambu-rambunya. Akhirnya setelah melalui sebuah diskusi, mereka berencana akan membuat sebuah acara lari pagi bersama Penca di bulan Desember 2007 sekaligus dalam rangka menyambut HIPENCA 2007. Acara ini akan di kordinatori oleh Nita, salah seorang Volunteer baru. Kami dari Bravo tentu mendukung. Semoga ini bisa berjalan dengan sesuai rencana ya………

Setelah merasa cukup lelah, tibalah saatnya games. Games kali ini di pandu oleh Azis. Gamesnya yaitu Blind Walk dan Pesan Berantai. Dalam Blind Walk, mereka bermain berpasangan. Satu orang ditutup matanya, yang lain sebagai pendamping. Lalu bergantian. Mereka harus berjalan bolak balik. Rute pertama mereka dituntun, sedang ketika berjalan sebaliknya, mereka hanya diarahkan secara lisan untuk bisa melalui jalan yang sama. Games ini bertujuan agar mereka merasakan artinya menjadi pendamping dan menjadi orang yang didampingi, dimana diantara keduanya harus ada kerjasama dan saling percaya satu dengan yang lain.
Games yang kedua, yaitu pesan berantai. Satu kelompok terdiri dari 4 orang. Orang pertama adalah pemberi pesan. Orang kedua penyampai pesan. Pesan ini harus disampaikan dengan menggunakan bahasa Isyarat. Orang ketiga sebagai pembaca pesan isyarat, harus menyampaikan pada orang keempat yang matanya dalam keadaan tertutup. Orang kempat inilah yang akan melaksanakan pesan dengan didampingi oleh orang ketiga. Pada games ini, ternyata dari dua kelompok yang ada, tak satupunyan pesannya dapat dilaksanakan dengan benar. Kesalahan banyak terjadi pada orang kedua yang kurang tepat dalam menyampaikan pesan isyarat pada orang ketiga, dan orang ketigapun tidak bisa menerima dengan jelas pesan isyarat tersebut. Pada refleksinya, kami menarik kesimpulan begitulah kira-kira yang sering terjadi dalam pergaulan tunarungu di kehidupan sosialnya. Mereka seringkali harus kehilangan informasi penting dan tidak bisa menerimanya, karena hambatan komunikasi seperti dalam games tersebut.
Akhirnya, tibalah kami di penghujung acara. Kami berkumpul, mengevaluasi diri, saling memberi kesan dan pesan. Ternyata para volunteer baru juga mendapat hadiah berupa stiker dari Bravo. Lumayan…lah. Acara kami tutup dengan foto-foto dan salam perpisahan. Kamipun kembali ke rumah masing-masing dengan harapan esok akan bisa berbuat sesuatu yang lebih baik lagi bersama BRAVO PENCA.


By : ito

1 comment:

Anonymous said...

Assalam mualaikum warahmatullah,

Saya tertarik untuk bergabung dengan Bravo Penca. Bagaimana caranya agar saya bisa bergabung dengan Bravo Penca dan dimana markas Bravo Penca. Semoga ALLAH selalu memberkahi Bravo Penca, Amin..

Wassalam mualaikum warahmatullah..

Rino Peradi
081519350054
see_ufirst@yahoo.co.id