Saturday, November 17, 2007

Workshop Aksesibilitas Penyandang Cacat Propinsi DKI Jakarta

Pada tanggal 31 Oktober 2007, bertempat di Balai Agung, Balai Kota (Kantor Gubernur) DKI Jakarta, telah berlagsung kegiatan workshop aksesibilitas Penca. Pada acara kali ini selain menjadi pendamping dari DPD Pertuni (ito), Bravo juga mendapat undangan sebagai peserta yang diwakili oleh Aziz.
Workshop ini selain dihadiri oleh perwakilan organisasi Penca seperti : Pertuni, PPCI, HWPCI, Mitra Netra, Gerkatin, BPOC, LKPPU, Porturin, dll. juga dihadiri oleh perwakilan dari SLB-SLB, organisasi peduli Penca, LSM, aparatur pemerintahan, juga dari unsur pengusaha, dan dari unsur akademisi (Universitas) .
Acara yang berlangsung hanya setengah hari ini, sebenarnya lebih cocok disebut seminar dibanding menggunakan istilah workshop. Karena hanya menampilkan beberapa pembicara yang membawakan makalahnya masing-masing lalu tanya jawab dengan peserta lalu usai.
Sebenarnya sangat disayangkan karena pada awalnya kami berharap ada satu gebrakan yang jelas dan real tentang aksesibilitas untuk Penca ini. Namun ternyata masih sekedar berhenti jadi wacana saja. Padahal jika dilihat dari perangkat yang berupa peraturan, sudah cukup jelas dan lengkap. Tapi ada sedikit harapan yang terbersit yang diungkap oleh Gubernur baru Jakarta, Fauzi Bowo yang juga si empunya program ini. Beliau berjanji tidak akan mau meresmikan sebuah gedung atau fasilitas yang didalamnya tidak akses. Mari kita sama-sama lihat dan awasi apakah janji beliau ini bukan hanya sekedar kata-kata.
Pembicara dalam seminar ini ada 3 orang yaitu : Prof. Mulyono Abdurrahman dari UNJ dengan materi aksesibilitas Penca, Ir. Bambang Eryudhawan dengan aksesibilitas di Jakarta menuju ruang kota dan arsitektur bebas hambatan dan Dra. H. Ariani (HWPCI) dengan aksesibilitas sebagai pemenuhan HAM Penca.
Selain penyampaian materi, pada kegiatan ini juga diberikan bantuan yang diberikan secara simbolis kepada 3 organisasi Penca : tongkat putih kepada Pertuni, kursi roda kepada HWPCI dan hearing aid kepada Gerkatin.


By : Ito

1 comment:

CresceNet said...

Oi, achei seu blog pelo google está bem interessante gostei desse post. Gostaria de falar sobre o CresceNet. O CresceNet é um provedor de internet discada que remunera seus usuários pelo tempo conectado. Exatamente isso que você leu, estão pagando para você conectar. O provedor paga 20 centavos por hora de conexão discada com ligação local para mais de 2100 cidades do Brasil. O CresceNet tem um acelerador de conexão, que deixa sua conexão até 10 vezes mais rápida. Quem utiliza banda larga pode lucrar também, basta se cadastrar no CresceNet e quando for dormir conectar por discada, é possível pagar a ADSL só com o dinheiro da discada. Nos horários de minuto único o gasto com telefone é mínimo e a remuneração do CresceNet generosa. Se você quiser linkar o Cresce.Net(www.provedorcrescenet.com) no seu blog eu ficaria agradecido, até mais e sucesso. If is possible add the CresceNet(www.provedorcrescenet.com) in your blogroll, I thank. Good bye friend.