Friday, December 21, 2007

Catatan Kita, Masjid UI, 9 Desember 2007


Personil :
Ito 4. Imas 7. Ari
Ira 5. Sri
Hikmah 6. Igie

Agenda :
Kegiatan sebulan terakhir
Evaluasi kinerja BPH

Pembahasan :

1. Setelah sebulan tidak bertemu, ada beberapa kegiatan dan informasi yang perlu dishare antara lain :
a. 3 Desember, Loknas Quota 1 % evaluasi dan upaya tindak lanjut bagi penyandang cacat dalam dunia kerja. Organized by PPCI dan Depsos. Bertempat di Ruang Krakatau 3 Hotel Horison
b. 4-6 Desember, Rakernas PPCI ke-5 di Cibubur
c. 6 Desember, acara puncak di istana merdeka
d. 3-5 Desember, Penyusunan pusat informasi dan konsultasi penca perempuan. Organized by Meneg PP
e. 5 Desember merupakan hari volunteer internasional

Program ke depan :
a. Perayaan 2 tahun program seribu buku-nya Mitra Netra. Ketika di Loknas, Igie bertemu dengan Mba Arya dari Mitra Netra, beliau meminta Bravo untuk membantu dalam perayaan 2 tahun program seribu buku yang akan dilaksanakan pada bulan Januari di Teater Kecil TIM
b. Bravo berniat untuk menyumbangkan 1 buku untuk program seribu buku. Rekomendasi judl yaitu :
· La’ Tahzan
· Ayat-ayat cinta
· Aku terlahir 500 gr
c. Sosialisasi HAM tuna rungu bekerja sama dengan FNKTRI
d. Januari mendatang, PERTUNI Jak-Ut meminta Bravo untuk mendampingi dalam program mereka
e. Pembuatan ID anggota, seperti di bawah ini : (digunakan dalam tugas)
Untuk volunteer lepas
Untuk BPH

2. Evaluasi kinerja BPH
· Sebagai sebuah organisasi yang masih terus belajar dan membentuk diri, Bravo Penca ga pernah berhenti mengevaluasi diri. Permasalahan yang dihadapi belakangan, berkaitan dengan turunnya personil Bravo dalam program-program kecacatan sempat menciptakan suasana tidak nyaman. Maka dianggap perlu untuk kembali mengevaluasi dan mengingatkan niatan awal kita berada di Bravo.
· Selentingan kabar burung yang terdengar, mengatakan adanya personil Bravo yang money oriented dan keberatan dengan pembagian 50 % transport yang diterima setiap kali melakukan pendampingan (jika ada), merupakan masalah besar yang harus segera diluruskan. Keputusan Raker Bravo Penca bulan Februari lalu yang menyepakati pemberian kontribusi 50 % tersebut menunjukkan bahwa seorang volunteer dalam melaksanakannya tugasnya sama sekali ga berorientasi pada uang, ada atau tidak ada transport yang diberikan oleh orsos penca, jika memang kita dibutuhkan di dalamnya, kita akan tetap bantu.
· Adapun kontribusi yang terkumpul digunakan untuk kepentingan program Bravo maupun untuk pembelian perlengkapan yang mendukung kerja Bravo. Seperti yang selama ini telah dilakukan adalah membali 3 buah Handy Talky merk Kenwood seharga Rp 800.000,- / buah (kondisi baru), mensubsidi 50 % transport personil Bravo pada program pendampingan di mana tidak ada uang trasnport yang diberikan oleh penyelenggara, mensubsidi program wista tani dan pelatihan volunteer, atau sebagai modal pembuatan kaos dan merchandise Bravo.
· Prosedur yang dibuat Bravo, khususnya yang berkaitan dengan pengiriman personil, hendaknya tidak memberatkan kita sendiri. Selama ini yang bertanggung jawab dalam hal ini adalah koordinator divisi Volunteering dan Networking yang dipegang oleh Aziz. Fleksibiliti bisa saja dilakukan. Artinya, informasi mengenai kebutuhan akan volunteer dalam sebuah program kecacatan dapat berasal dari siapa saja, dan orang yang bersangkutan dapat merekomendasikan dirinya untuk mendampingi program tersebut jika memang berminat dan bisa. Namun hal ini harus sebelumnya dikomunikasikan dengan Aziz sebagai penanggungjawab.
· Sistem kontribusi juga dapat diberlakukan. Misalnya, yang selama ini dekat dengan suatu orsos dapat menjadi corong / jembatan ke Bravo. Seperti yang selama ini terjadi Hikmah lebih dekat dengan pengurus dari kawsan Cempaka Putih (HWPCI, FKPCTI, dan BPOC), Igie selalu mendapat kabar dari PPCI, Aziz dengan PERTUNI-nya. Dan ga menutup kemungkinan adanya pos-pos baru bagi personil Bravo yang lainnya. Hal ini dapat memperlebar sayap dan telinga Bravo untuk memperkaya informasi dan akses terhadap perkembangan yang terjadi di dunia kecacatan.

1 comment:

Anonymous said...

Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the Aluguel de Computadores, I hope you enjoy. The address is http://aluguel-de-computadores.blogspot.com. A hug.